Hallo Cendekiawan Muda! artikel kali ini berisi penjelasan
terkait penjelasan bagaimana sistem layanan dan proses pelayanan yang harus
kita lakukan dalam usaha bisnis retail. Simak dengan baik, berikut
penjelasannya.
Sistem Layanan Usaha Bisnis Retail
Bisnis retail merupakan bisnis yang dilakukan produsen lalu
menjualnya ke dalam bentuk eceran atau langsung.
1. Pengertian Pelayanan Usaha
Pelayanan usaha berarti suatu usaha melayani kebutuhan orang lain dengan memperhatikan kepuasan pelanggan.
a. Kamus Besar Bahasa Indonesia
(KBBI)
Pelayanan adalah meonolong menyediakan segala yang diperlukan orang lain seperti tamu atau pembeli.
b. Kotler (1994)
Menurut Kotler, adalah aktivitas atau hasil yang dapat ditawarkan sebuah lembaga ke pihak lain dan tak kasat mata.
c. Hadipranata (1980)
Menurut Hadipranata, adalah aktivitas tambahan di luar tugas
pokok yang diberikan ke konsumen.
2. Alasan Melakukan Pelayanan dalam Bisnis Retail
a. Akan Diingat oleh Konsumen
Pelanggan akan selalu mengingat pelayanan yang di berikannya, pelayanan baik atau buruknya usaha.
b. Menunjukkan Kepedulian kepada
Pelanggan
Dengan menunjukkan kepedulian kita ke pelanggan, pelanggan akan dating terus menerus dan merasa nyaman.
c. Berdampak terhadap Seluruh Bisnis
Lakukanlah yang terbaik dalam setiap pelayanan dan penjualan ke pelanggan agar pelanggan berasumsi bahwa produk yang kita jual berkualitas baik.
d. Strategi Marketing yang Baik
Dengan meningkatkan pelayanan ke pelanggan dengan baik.
e. Menarik Pelanggan Baru
Buatlah pelanggan senang dengan produk dan pelayanan yang kita jual supaya pelanggan tersebut merekomendasikan ke teman temannya bahwa produk yang kita jual berkualitas.
3. Aspek Pelayanan yang Dievaluasi Konsumen
a. Aspek Tangibles
Aspek yang jelas tampak oleh mata misalnya penampilan toko.
b. Pemahaman terhadap Pelanggan
Dengan mengetahui kesukaan dan apa yang diinginkan oleh pelanggan.
c. Perilaku yang Sopan
Dengan memberi pelayanan yang baik yang akan membuat konsumen senang.
d. Keamanan
Jagalah keamanan para konsumen yang akan berbelanja di toko kita dengan memasang cctv dan memberi himbauan.
e. Kredibilitas
Dengan memberikan garansi kepada pelanggan dan komitmen terhadap pelanggan.
f. Reliability
Mengenai keakuratan dan kecepatan kasir terhadap konsumen.
g. Akses
Dengan menentukan jam buka toko dengan konsisten dan keberadaan manajer untuk menyelesaikan masalah.
h. Kompetensi/Kecakapan
Ketika pelanggan bertanya tentang produk yang kita jual kita sebagain produsen jangan sampai tidak tahu untuk menjawabnya.
i. Responsiveness
Dengan memberikan respon dengan cepat dan tanggap dan juga
degan karakter sopan dan baik.
Proses Pelayanan Usaha pada Bisnis Retail
1. Strategi Layanan Pelanggan
a. Pendekatan Kustomisasi
Pendekatan yang mendorong untuk membuat jasa pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan pribadi.
b. Pendekatan Standardisasi
Didasarkan pada penetapan satu rangkaian aturan yang
bersifat pasti secara konsisten.
2. Metode untuk Memahami Harapan Pelanggan
a. Studi menyeluruh.
b. Menerka kepuasan dengan transaksi
individu.
c. Panel pelanggan dan wawancara.
d. Berinteraksi dengan pelanggan.
e. Keluhan pelanggan.
3. Menentukan Layanan Baku
a. Memiliki komitmen tinggi.
b. Mengembangkan solusi inovatif.
c. Mendeskripsikan dengan jelas peran
penyedia pelayanan.
d. Menata kelompok layanan.
e. Menetapkan ukuran dan mengevaluasi
capaian kualitas pelayanan.
4. Cara Memberikan Pelayan dalam Bisnis Retail
a. Berikan Penghargaan Personal pada
Pelanggan Setia
Berikan sapaan hangat dan potongan harga ke pelanggan.
b. Berikan Tips dan Trik
Mengoptimalkan Produk
Dengan memberikan tips penggunaan produk tersebut.
c. Produk Favorit Pelanggan Habis,
Cari Penggantinya Agar Mereka Tidak Kecewa
Dengan mengecek stok dagangan dengan tujuan agar tidak kehabisan stok.
d. Pekerjakan Kasir yang Berasal dari
Daerah Bisnis Anda
Mempekerjakan kasir dari sekitar toko yang kita buka agar mengetahui seluk beluk warga sekitar.
e. Bantu Konsumen Memilih Produk yang
Tepat
Lakukan pendekatan yang ramah dan tidak agresif.
f. Buatlah Katalog dan Review
untuk Membantu Konsumen Memilih Produk
Dengan dibuat menarik mungkin agar tidak merasa bosan dan
lebih mudah menyerap informasi kelebihan dan kekurangan produk yang kita jual.
Begitulah pentingnya mempelajari Pelayanan Usaha Bisnis Retail bagi seorang entrepreneur yang ingin memulai berbisnis agar bisnisnya dapat berjalan dengan efektif dan sesuai dengan yang diharapkan.
Sekian artikel Kamus Cendekia pada kesempatan kali ini, harapannya
semoga bagi siapapun itu khususnya para Cendekiawan Muda yang ingin memulai
berwirausaha dapat berjalan dan berhasil sukses sesuai dengan yang diharapkan.
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!! 😊
Berikan komentar dan pendapat kalian pada kolom di bawah
ini. Terima kasih. 😁👇
0 Comments:
Posting Komentar